Latest News
Home » Berita » Gakkum LHK Sulawesi Salurkan Bantuan Kemanusiaan kepada Korban Banjir di Kabupaten Luwu
Home » Berita » Gakkum LHK Sulawesi Salurkan Bantuan Kemanusiaan kepada Korban Banjir di Kabupaten Luwu

Gakkum LHK Sulawesi Salurkan Bantuan Kemanusiaan kepada Korban Banjir di Kabupaten Luwu

Gakkum Sulawesi-Curah hujan yang tinggi beberapa hari terakhir ini telah mengakibatkan bencana alam banjir dan longsor di beberapa daerah di Kabupaten Luwu Provinsi Sulawesi Selatan. Untuk mengatasi dampak banjir bandang di Kabupaten Luwu diperlukan kepedulian dan upaya bersama.

Balai Gakkum KLHK Wilayah Sulawesi telah memberikan bantuan sosial berupa sembako yang dibutuhkan masyarakat yang terkena dampak bencana alam banjir dan longsor itu.

Penyerahan bantuan ini diserahkan kepada Pihak Posko Bantuan Bencana Alam Banjir dan Longsor Kabupaten Luwu, yang bertempat di Kantor Unit Pelaksana Teknis Daerah Kesatuan Pengelolaan Hutan (UPTD-KPH) Latimojong Kabupaten Luwu Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Sulawesi Selatan, untuk selanjutnya disalurkan kepada warga yang terkena dampak bencana alam banjir dan longsor di Kabupaten Luwu.

Kepala Balai Gakkum KLHK Wulayah Sulawesi, Aswin Bangun mengatakan, bantuan bencana alam ini merupakan wujud kepedulian Kementerian KLHK terhadap situasi dan kondisi masyarakat yang sedang mengalami musibah bencana alam yang terjadi di Kabupaten Luwu Provinsi Sulawesi Selatan.

“Longsor terjadi di beberapa desa di Kabupaten Luwu tersebut telah mengakibatkan sawah-sawah masyarakat terendam banjir, merusak saluran irigasi, dan memutus jalur jalan utama. Selain itu pihaknya pun menyalurkan bantuan sembako kepada warga masyarakat yang terkena musibah ini. Hal ini merupakan inisiatif Balai Gakkum KLHK Wilayah Sulawesi dalam menyikapi situasi dan kondisi masyarakat yang sedang mengalami musibah,” ucap Aswin Bangun, Kamis 9 Mei 2024.

“Selain bantuan berupa barang barang kebutuhan, Balai Gakkum KLHK Wilayah Sulawesi pun menurunkan personal Anggota Satuan Polisi Kehutanan Reaksi Cepat (SPORC) Brigade Anoa sebagai relawan untuk membantu warga masyarakat yang terdampak. Kami yakin bantuan yang diberikan banyak pihak termasuk Balai Gakkum KLHK Wilayah Sulawesi bisa membantu meringankan penderitaan korban bencana alam banjir dan longsor di Kabupaten Luwu Provinsi Sulawesi Selatan,” tambahnya.

“Karena meluapnya Sungai Bajo yang berhulu di Kecamatan Latimojong ini merupakan salah satu penyebab utama banjir bandang yang membuat banyak anggota masyarakat kehilangan tempat tinggal dan harta benda,” imbuh Kepala Balai Gakkum LHK Sulawesi, Aswin Bangun.

Aswin menegaskan, inisiatif-inisiatif tersebut di atas merupakan bukti kepedulian Balai Gakkum KLHK Wilayah Sulawesi sebagai bagian dari masyarakat yang turut peduli dan bahu membahu dalam mengatasi dampak bencana alam banjir dan longsor di beberapa lokasi di Kabupaten Luwu.

Share ke social media